Cara Menggunakan VPS Di PC + Setting Dan Cara Membuat

Posted on

Cara Menggunakan VPS Di PC + Setting Dan Cara Membuat – Apa yang dimaksud dengan VPS (Virtual Private Server)?, dan Bagaimana cara menggunakan VPS pada PC (Windows)?.

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

Virtual Private Server adalah Tipe Server Pribadi yang keseluruhan dari Resource-nya hanya bisa digunakan oleh Satu Pengguna saja dan tidak bisa dipengaruhi oleh Pengguna lainnya.

Pengguna tersebut bisa mengelola semua Konfigurasi secara keseluruhan dan Resource yang terdapat pada Virtual Private Server, serta dapat melakukan apa pun yang diinginkan oleh Pengguna.

Teknologi yang terdapat didalam Virtual Private Server (VPS) adalah Virtualisasi Hardware Server Fisik yang kemudian terbagi menjadi beberapa Resource yang berbeda-beda.

Virtual Private Server (VPS) ini disebut sebagai Virtual, karena pembagian yang dilakukan dengan menggunakan sebuah Software, sehingga dalam satu Server Fisik bisa memiliki beberapa VPS yang telah dijalankan.

Saat ini di seluruh Dunia, banyak sekali penyedia layanan Virtual Private Server (VPS), termasuk di Indonesia. Salah satu penyedia layanan Virtual Private Server (VPS) di Indonesia adalah Niagahoster.

Layanan VPS yang diberikan sangat fleksibel, sehingga penyedia layanan biasanya memberikan penawaran atas paket-paket VPS, yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cara Setting Virtual Private Server (VPS) pada PC

Cara mengkonfigurasikan VPS pada PC atau Laptop dengan menggunakan OS Windows lebih mudah, daripada mengkonfigurasikan VPS dengan menggunakan OS Linux.

Untuk mengkonfigurasikan VPS pada Windows, kalian tidak perlu repot-repot menginstall sebuah Software untuk mengakses Remote Desktop Connection (RDC).

Karena pada Windows Vista, Windows XP, Windows 7,8, dan 10, telah disediakan Remote Desktop Connection (RDC).

Agar bisa menggunakan RDC ini, kalian harus memiliki Koneksi Internet yang cepat dan stabil, karena apabila kalian tidak memiliki Koneksi Internet yang tidak stabil, maka pada saat RDC dijalankan akan menyebabkan Display Serve Lag.

Berikut dibawah ini kami telah menyediakan, cara mengkonfigurasikan VPS pada PC atau laptop dengan menggunakan OS Windows :

A. Setting VPS pada Windows XP

Catatan : Pastikan kalian telah memiliki MT4 dan EA, jika belum silahkan kalian cari atau beli.

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

1. Pertama silahkan carilah dan buka Remote Desktop Connection pada Menu Start (Klik Enter).

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

2. Setelah muncul Menu Utama, silahkan kalian masukkan IP Host Sever VPS yang kalian miliki pada Column kosong.

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

3. Kemudian masukkan Username dan Password Virtual Private Server yang telah kalian miliki (Bila telah dimasukkan, lalu Klik Ok).

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

4. Maka akan muncul Layar seperti gambar diatas, untuk MT4 dan EA nya sudah terinstall secara otomatis pada VPS yang telah kalian miliki.

Setting VPS pada Windows 7

Catatan : Pastikan kalian sudah memiliki RDP, jika belum silahkan kalian beli terlebih dahulu.

Cara Menggunakan VPS di PC + Setting dan Cara Membuat

1. Pertama silahkan carilah dan buka Remote Desktop Connection pada Menu Start (Klik Enter).

2. Kemudian akan muncul Menu Utama RDC, silahkan kalian masukkan IP Host Sever VPS yang kalian miliki pada Column kosong (Klik Ok).

3. Ketika sedang menunggu Connect selesai, maka nanti akan muncul Notifikasi seperti ini (Klik Yes).

Setelah semua proses selesai, akan muncul tampilan seperti gambar diatas, yang berarti Setting VPS Windows 7 kalian telah berhasil.

Fungsi Virtual Private Server

Apa fungsi dari Virtual Private Server (VPS)?, berikut dibawah ini ada beberapa Fungsi dari VPS yang sering sekali diterapkan oleh Pengguna, yaitu sebagai berikut :

1. Trafic Website Super Tinggi

Apabila kalian memiliki Website dengan Trafic yang tinggi dengan menggunakan Shared Hosting, maka akan mengakibatkan Suspensi Domain dan berpotensi mengganggu Resource yang digunakan bersama dengan satu Shared hosting.

Oleh karena itu, apabila Trafic Website kalian sudah terlalu tinggi, maka segeralah pindah ke Layanan VPS untuk mengurangi Trafic pada Website yang kalian miliki.

2. Website Hosting Skala Kecil

Jika kalian memiliki usaha jasa pembuatan Website (Developer), maka kalian bisa menggunakan Layanan VPS dan menggunakannya terhadap Website Klien-Klien kalian, untuk mengontrol penuh atas Website pada Klien-Klien yang kalian miliki.

3. Penyimpan File Hosting

Layanan VPS juga bisa kalian gunakan untuk menyimpan File-File yang memiliki size besar, baik untuk diakses secara Pribadi atau diakses oleh Pengunjung pada Website yang kalian miliki.

4. Remote Desktop Server

Layanan VPS bisa kalian gunakan untuk mengkontrol penuh, terhadap Server-Server yang kalian miliki, tanpa dibatasi oleh Lokasi kalian.

5. Virtual Private Network

Kalian juga bisa menggunakan Virtual Private Server (VPS) sebagai Virtual Private Network (VPN) atau Jaringan Server untuk mengakses Internet.

Biasanya fungsi dari VPS sebagai VPN ini, digunakan oleh sebuah Perusahaan yang diterapkan untuk Karyawan-Karyawan nya dalam menyimpan File dan mengakses Internet.

6. Private Backup

Selain berfungsi sebagai Penyimpanan File secara Online, kalian juga bisa menggunakan VPS sebagai Backup Data , yang kalian miliki.

Karena biasanya Layanan VPS ini memiliki Disk Space yang lumayan besar, sehingga memungkin kalian untuk membackup data-data yang kalian miliki.

F.A.Q

Berapakah harga untuk membeli VPS dan Bagaimana cara membelinya?

Untuk membeli VPS kalian bisa mengunjungi Website, yang menyediakan Layanan VPS, dan untuk harganya tergantung dengan Performa VPS nya.

Kapan kalian harus meninggalkan Shared Hosting dan menggantikannya dengan Layanan VPS?

1. Ketika Trafic pada Website kalian sudah terlalu tinggi, sehingga Shared Hosting sudah tidak mampu menampungnya lagi.
2. Apabila kalian ingin mengontrol penuh terhadap Server, yang dimiliki oleh Klien-Klien Website kalian.
3. Apabila kalian ingin menyediakan Layanan Streaming, terhadap Website yang kalian miliki.
4. Apabila kalian menginginkan keamanan Website yang lebih tinggi.

Apakah tidak ada Layanan VPS yang didapatkan secara Gratis?

Tentu saja ada, kalian bisa mendapatkannya pada Website yang menyediakan VPS secara gratis, tetapi hanya Trial (Percobaan) saja atau tidak permanent.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Artikel ini, Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi hiburan bagi kalian semua.

Tips & Trik Lainnya :